Blogger templates

Home » » sinopsi film 99 Cahaya Di LangitEropa TERLENGKAP .

sinopsi film 99 Cahaya Di LangitEropa TERLENGKAP .

Written By Unknown on Selasa, 24 November 2015 | 23.57








Tugas Terstruktur Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Guru  Mapel              :Firda Latifah S,Pd
Kelas                           :Xii Tei
Kelompok                  :Ula.
Ketua                          :Rohmat Rianto
Anggota                      ;Aji  Riyanto
                                    Adtya Irawan
                                    Firman  Zuli
                                    Yofan Hidayat



SMK PANCA BHAKTI BANJARNEGARA
TAHUN PELAJARAN 2015 /2016

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=6984349488852360434#editor/target=post;postID=7328046718699350890

Pendahuluan
- Judul             : 99 Cahaya Di LangitEropa
- Sutradara
     : Guntur Soeharjanti
- Penulis
          : HanumSalsabila R, RanggaAlmahendra
-Penayang       : Di perpustakaan SMK Panca Bhakti  Bara, tanggal 19 september 2015

99 Cahaya di Langit Eropa. Film yang terinspirasi dari kisah nyata perjalanan Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra di Eropa ini akan digambarkan secara apik lewat arahan sutradara Guntur Soeharjanto. Film ini banyak bercerita tentang kisah perjalanan Hanum dan Rangga selama 3 tahun tinggal di Eropa yang dibalut kisah persahabatan, perjuangan untuk mempertahankan keyakinan serta kisah pencarian jejak sejarah Islam di benua biru tersebut.
 Dengan latar belakang cerita di Eropa, film tersebut pun nantinya akan menjanjikan kualitas visual yang optimal karena lokasi syutingnya 100% dilakukan di Eropa. Tim produksi akan menyambangi kota Wina, Paris, Cordoba dan Istanbul.

Selain menawarkan keindahan di beberapa kota di Eropa, film 99 Cahaya di Langit Eropa juga menggandeng banyak bintang ternama seperti Acha Septriasa, Abimana, Vj Marissa, Fatin Sidqia Lubis, Raline Shah dan Alex Abbad. Di film produksi Maxima Pictures ini, Acha akan berduet dengan Abimana sebagai pasangan suami istri penggambaran dari penulis buku 99 Cahaya di Langit Eropa.
        SiSInopsis Film (Alur Cerita)

99 Cahaya di LangitEropamenceritakankisahdarikehidupanHanumRais (AchaSeptriasa) dansuaminya, RanggaAlmahendra (AbimanaAryasatya) ketikamenjelajahiEropaselama 3 tahundanmempelajari agama Islam di sana. Hanummengikutisuaminya yang mendapatbeasiswauntukmelanjutkanstudikeEropa. Berbagaikisahmenarikmunculmengiringiperjalananmereka.
Di sana, merekatidakhanyamenemukanberbagaikeindahansenisepertitembok Berlin, Mozart, Roma, danmenara Eiffel, tetapijugamenemukanbanyakrahasia Islam yang tersembunyi di Eropa. Di beberapasudut di Eropa, merekamenemukansecercahcahaya yang membuatmerekasemakinmencintai agama Islam.
Di tengahperjalanannya, merekabertemudenganseorangwanitaTurkimuslim di Austria bernamaFatma Pasha (Raline Shah), yang menjelaskanpadamerekatentangkedamaian Islam. Di Paris, Hanumberjumpadenganseorangwanitamualaf, Marion Latimer (Dewi Sandra) yang bekerja di Arab World Institute sebagaiseorangpengajar, yang memperluaswawasannyatentang Islam. Keduapasanganitu (HanumdanRangga) menyadaribahwaEropajugamenyimpanhartadaripeninggalan Islam di jamandulu.
Berbagaikejadian yang membukapolapikir pun datang, sepertihalnyaketikamerekaberhadapandenganwanitanon muslimbernamaMarjaa (Marissa Nasution) danseorangatheisbernama Stefan (Nino Fernandez), hinggabelajar agama daritemannya yang berasaldari Pakistan bernama Khan (Alex Abbad).




Isi / analisis’

Tema                : Keyakinan Dan Realitas Hidupan .
Amanat            :  jadikanlah hidup kita di hiasi dengan   perdamaian, persaudaraan,  toleransi  .
Setting              : Vienna (Austria)      
                            Paris (Perancis)
                            Cordoba (Spanyol)
    Istanbul  (Turki)

-pemeran          :Acha Septriasa
                           Abimana Aryasatya
                           Vj Marissa
                           Raline Shah
                           Alex Abbad
                           Fatin Shidqia Lubis
-Musik              :'Cahaya di Langit Itu'
-Durasi             : part 1 = 1 jam 39 menit
                           Part 2 = 1 jam 37 menit
- Genre             :Drama
-Alur /plot        : Maju
-Percakapan     : Dialog
- Bahasa            :Bahasa Baku,bahasa bahasa internasional




lirik lagu Fatin Shidqia Lubis yang berjudul 'Cahaya di Langit Itu' yang menjadi lagu soundtrack (OST) film '99 Cahaya di Langit Eropa'

Ketika cahayamu menerangi duniaku
Sentuhan tangan itu memelukku penuh cinta
Saat dalam keangkuhan dan meremehkan takdirku

Setiaku dalam cinta hampir kehilangan arah
Tersadarku dan berfikir ridhonya surga duniaku

Seperti ku terbang di langit tinggi
Temui satu titik cahaya-Mu
Ku lihat ada malaikat kecil-Mu
Membisikkanku tuk tetap di sini, ku tersimpuh

Perjalanan ini (perjalanan ini)
Kuatkan imanku (kuatkan imanku)
Tuk arungi hidup (tuk arungi hidup)
Nilai cinta dengan kasih-Mu

Seperti ku terbang di langit tinggi
Temui satu titik cahaya-Mu
Ku lihat ada malaikat kecil-Mu
Membisikkanku tuk tetap di sini

Seperti ku terbang di langit tinggi
Temui satu titik cahaya-Mu
Ku lihat ada malaikat kecil-Mu
Membisikkanku tuk tetap di sini, ku tersimpuh
Nilai cinta dengan kasih-Mu
Tokoh  dan pemeran


ACHA SEPTRIASA (Hanum), Hanum adalah istri dari Rangga yang rela mengikuti suaminya ke Eropa untuk menempuh pendidikan selama 3 tahun. Demi menunjukkan kesetiaan dan penyesuaian dirinya selama tinggal di Eropa, Hanum pun mulai belajar bahasa Jerman. Disanalah Hanum mulai banyak bertemu orang-orang baru, walau banyak cobaan selama tinggal di Eropa tapi sebagai seorang istri dan Muslim ia tetap tegar menghadapi berbagai godaan tersebut.

 


ABIMANA ARYASATYA (Rangga), Rangga adalah suami dari Hanum yang menjalani pendidikan dengan kuliah di international school. Di film ini, karakter Rangga akan mengalami pengembangan dari cerita di novel. Selain berkutat di kehidupan kampus, karakter Rangga banyak berperan dalam menemani Hanum (Acha Septriasa) dalam menapaki jejak peninggalan Islam di Erop 
 



 

Vj MARISSA (Maarja), Maarja adalah seorang wanita berkebangsaan Jerman yang menjadi sahabat Rangga. Karakter tersebut dinilai tidak terasa asing bagi Marissa lantaran ia memang tumbuh dan besar di negara tersebut. Di film 99 Cahaya di Langit Eropa meskipun keduanya dikisahkan berhubungan akrab, namun Maarja sempat terlibat konflik dengan Rangga dan juga sahabatnya, Khan akibat perbedaan sudut pandang.




 
RALINE SHAH (Fatma Pasha), Fatma merupakan karakter wanita muslim asal Turki yang ditemui Hanum saat berada di Austria. Ia juga dikenal sangat taat beribadah sekaligus menjadi ibu yang bijak bagi putrinya yang bernama Ayse yang diperankan oleh aktris cilik Geccha Qheagaventa.

  
 




ALEX ABBAD (Khan), Khan adalah salah satu teman baik Rangga yang sosoknya benar-benar ada dan bukan fiksi. Khan merupakan seorang pria asal Pakistan yang pernah menjadi korban bom teroris, pengalaman itu membuatnya ia menjadi sosok yang sangat agresif dan memiliki pandangan sendiri tentang Islam di Eropa. Khan dikenal tidak memiliki toleransi yang berkaitan dengan kewajibannya sebagai umat Muslim. Walau di Eropa Muslim minoritas, tapi Khan tetap merasa bangga dan selalu tegar serta tegas dalam menghadapi berbagai godaan.
  

 
FATIN SHIDQIA LUBIS (Fatin). Di film ini, penyanyi jebolan ajang pencarian bakat X-Factor tersebut menjadi dirinya sendiri dan tidak menggunakan dialog berbahasa asing seperti aktor/aktris lainnya. Sebagai seorang penyanyi dan baru kali pertama main film, peran Fatin tidaklah terlalu banyak di layar lebar 99 Cahaya di Langit Eropa namun ia mampu menjalaninya dengan sangat baik.


Setelah kami menonton film ini ada rasa kagum tentang pembuatan film dengan latar full Eropa ini, pasti mahal sekali. Bayangkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk memboyong para pemain dan kru menjelajah empat negara di Eropa plus akomodasi selama berminggu-minggu di sana. Belum lagi membayar para pemain pembantu dan figuran yang melibatkan para penduduk asli. Oh iya, salah satu scene menampilkan Rangga yang mengumandangkan azan di atas Eiffel. Eiffel, brooo .. Bukan tower kartu seluler. Dan dengar-dengar, demi adegan yang hanya beberapa menit itu, producer harus menyewa Eiffel selama 2 jam untuk dikosongkan. Berapa tuh duit yang harus dikeluarkan?

Scenes’’  yang kami sukai 



  • Scene ketika Rangga menanyakan chicken pada penjual makanan.
  • Scene ketika Hanum menggoreng ikan asin kemudian datang tetangga bulenya yang marah-marah dan mengatakan bahwa masakannya bau kaos kaki.
  • Scene setelah Hanum memberi sepiring mi dengan ikan asin goreng kepada tetangga bule yang dulunya menghina bau ikan asin. Tahu nggak apa yang ditanyakan bule itu pada Hanum di kemudian hari? "Di mana saya bisa membeli ikan seperti yang ada pada mi pemberianmu?"
  • Scene ketika Rangga, Stevan dan Khan bertemu di tangga kampus, kemudian Khan menyindir bahwa tubuh Stevan bau Babi.
  • Scene ketika Stefan menahan lapar akibat menerima tantangan Rangga untuk ikut berpuasa. Duh, mukanya Om Nino gokil banget, berhasil membuat seisi studio tertawa.
  • Scene ketika Marion menerangkan tentang lukisan Bunda Maria, huruf kufic, dan garis imajiner di tengah kota Paris yang dibangun Napoleon Bonaparte.
  • Scene ketika Ayse memasangkan jilbab di kepala Marion.
  • Scene ketika Fatma Pasha mengatakan “Bahwa kita teroris?”
  • Scene ketika Khan melaksanakan salat Jumat sedangkan Rangga memilih tetap mengikuti ujian.
Scene ketika Hanum mengetahui bahwa Ayse menderita kanker. Very sad
           Dan menurut kami film  ini  adalah film  yang memiliki sebuah seni yang luar biasa, bukan hanya ceritanya yang segar, film ini juga penuh pembelajaran dan juga diekpresikan oleh para artis kita dengan tampilan yang luar biasa serta digarap secara apik oleh sang sutradara,"
"Betapa banyak nilai yang ditampilkan dalam tayangan film ini seperti, perdamaian, persaudaraan,  toleransi dan banyak falsafah serta nilai  spritualnya ..ya kan .. kalao ngga percaya nonton sendiri aja ..
terimakasih sudah mengunjungi blog kami 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar